Menurut saya pendidikan di indonesia kurang maksimal karena di indonesia masih belum memumpuni dalam bidang pendidikan dalam mendidik. Dengan begitu kita harur mencari solusi bagaimana generasi muda kita bisa meningkatkan mutu pendidikannya.
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TIPE GUIDED INQUIRY
Dalam penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan tes hasil belajar dengan soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data kualitatif. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran inkuiri tipe guided inquiry. Keunggulan dari model pembelajaran inkuiri tipe Guided inquiry ini adalah siswa lebih terarah dalam membentuk dan mengembangkan “self-concept” pada diri siswa, sehingga siswa dapat mengerti tentang konsep dasar dan ide-ide dengan baik, memberi kepuasan yang bersifat intrinsik, materi yang disajikan lebih lama membekas karena siswa dilbatkan dalam proses menemukannya, kesimpulan lebih cepat dan mudah diambil.
Dengan menggunkan model pembelajara inkuiri tipe guided inquiry ini mudah mudahan dapat bermanfaat bagi yang menggunakan metode pembelajaran ini.
Referensi:
1.Simatupang, Risna Y (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TIPE GUIDED INQUIRY DI KELAS XI MIA 2 SMAN 11 KOTA JAMBI. UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TIPE GUIDED INQUIRY DI KELAS XI MIA 2 SMAN 11 KOTA JAMBI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berilah kritikan