DEFINISI SBM DARI PARA AHLI
1. Menurut Gerlach dan Ely
SBM adalah suatu cara-cara yang dipakai oleh guru dalam proses pengajaran yaitu dalam hal menyampaikan mata pelajaran meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan sehingga dengan begitu akan memberikan pengalaman belajar bagi siswa. Dalam proses belajar mengajar harus meliputi sifat,lingkup dan urutan kegiatan agar dijadikan pengalaman yang berkesan bagi para siswa. Siswa lebih mengenal suatu system pembelajaran yang menarik yang mencakup semua aspek dan sifat dalam urutan kegiatan tersebut. Dalam pembelajaran ini siswa dapat mengerti dan memahami pelajaran melalui pengalaman yang mereka dapat dari pendidik.
2. menurut Gropper
SBM terdiri atas semua komponen materi pengajaran dan prosedur yang akan digunakan untuk membantu siswa mencapai tujuan pengajaran tertentu dengan kata lain SBM juga merupakan pemilihan jenis latihan tertentu yang cocok dengan tujuan yang akan dicapai. SBM menyangkut semua komponen materi pengajaran dan prosedur umtuk membantu siswa dalam hal mencapai tujuan pengajaran. Disamping itu juga ada pemilihan jenis latihan tertentu yang cocok dengan tujuan yang ingin dicapai.
3. Menurut Dick and Carey
SBM adalah Strategi belajar yang tidak hanya terbatas pada prosedur kegiatan melainkan juga termasuk didalamnya materi atau paket pengajarannya. Dalam proses pembelajaran tidak hanya terbatas pada prosedur atau langkah – langkah kegiatan dalam arti, dalam suatu proses pembelajaran didalamnya juga termasuk materi maupun paket pembelajaran, karena materi berperan penting dalam suatu proses pembelajaran.
4. menurut J. R. David dalam Teaching Strategies for College Class Room (1971 )
SBM meliputi rencana, metode dan perangkat kegiatan yang direncanakan untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu untuk melakukan strategi tertentu diperlukan seperangkat metode pengajaran. Strategi dapat diartikan sebagai a plan of operation achieving something “ rencana kegiatan untuk mencapai sesuatu”. Sedangkan metode ialah away machieving something, cara ntuk mencapai sesuau untuk melakukan suatu strategi digunakan seperangkat metode pengajaran tertentu. Dalam pengertian demikian maka metode pengajaran menjadi salah satu unsure dalam SBM. Unsur seperti sumber belajar, kemampuan guru dan siswa, media pendidikan, materi pengajaran, organisasi adalah waktu tesedia, kondisi kelas dan lingkungan merupakan unsur-unsur yang mendukung SBM.
5. Menurut Drs.Syaiful Bahri Djamarah dan Drs.Aswan Zain
strategi belajar mengajar adalah pola –pola umum kegiatan guru anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujan yang telah digariskan. Dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapi tujuan yang telah digariskan ada empat strategi dasar dalam belajar mengajar yaitu mengidentifikasi serta menetapkan empat strategi dasar dalam belajar mengajar diantaranya mengidentifikasikan serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan,memilih system pendekatan belajar mengajarberdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat,memilih dan menetapkan prosedur,metode dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya dan menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpanbalik buat peyempurnaan system instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.Hal tersebut sangat penting dan pokok dalam proses belajar agar berjalan secara efektif dan tercapai tujuan pembelajan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berilah kritikan